Jadi. . .

Jadi. . . . . .

Cuma satu kata itu. Ashtagfirullah. Itu pun susah sekali untuk saia lafalkan.

Suatu siang selesai kuliah, salah satu teman saia yang duduk di sebelah saia tiba-tiba berbicara, “Nis, aku ajari ngomong biar gg medok yuk. Kamu tuh sumpah, medok banget tau gg se.” Ya ela. . . jelas aja saia tahu. Orang saia pernah ditertawakan seisi kelas *2 kelas gabungan plus bejibun kakak tingkat* sewaktu saia bertugas mendikte buat teman-teman.

Belum saia bilang apa-apa, dia udah ngomong, “Nah, kamu ikutin aku ya. . . Jadi”

“Jadi”, saia ikutin aja dengan polosnya

“Ja. . .”

Saia, “Ja. . .”

“Di. . .”

Saia lagi, “Di. . .”

Gila, kaya ngajar anak TK !

Eh, tiba-tiba lagi, dia malah ketawa, “Ahh, emang cara ngomong kamu tuh lucu banget ya Nis.”

Ya Allah. . . ne anak. Malah tambah gg jelas aja. Katanya mo ngajarin kok malah ngejek mulu.

Yah, akhirnya dia nyerah juga karena tiap saia berusaha ngomong ngikutin apa yang dia bilang, dia malah ketawa. Tar kita *tepatnya dia* bisa dikira orang gila.

Memang ini salah satu kekurangan yang harus saia hadapi dan harus saia lawan untuk menggapai cita-cita saia jadi seorang reporter dan jurnalis. Bisa gg ada stasiun tv yang mau nerima saia kalo hal ini gg diubah. Karena dalam pembacaan berita atau dalam acara formal, gag boleh ada dialek yang muncul. Dialek apapun itu. Harus ada pelafalan bahasa Indonesia yang sempurna. Kalo jadi wartawan pun, masa sewaktu wawancara orang penting, saia kelihatan ndeso. Duh, melas. So, ada yang mau ngajarin saya ngilangin medok saia yang parah?😦

45 Tanggapan to “Jadi. . .”

  1. kan lucu kalo ada wartawan kek dirimu yan medog:mrgreen:
    btw jadi penasaran mangnya dirimu semedog apa sih?😉

  2. keknya harus banyak bergaul dengan orang sunda atau Betawi… Deh biar ngga medok…

  3. Memangnya medok itu suatu kekurangan ya? Menurutku sih kekurangan bisa dijadikan kelebihan, dan itu jadi salah satu ciri khas mu dan kita harus bangga dengan ciri khas yang kita miliki. Hidup wong Jowo !!!

  4. hihihi.. emang, nisa kalo ngomong medhok. tips dari mb son, buat nisa : biar ga medhok, ngomongnya agak kemayu dikit. pasti bisa.. hehe..
    nggak, paling cuman butuh sering ngomong di forum, atau diskusi aja. dulu mb juga kok…

  5. Kalo ada aksi bem kamu yang orasi aja sa…

  6. hallo..kok gelap ya??
    gak ada lilinnya lagi…
    wueh..blognya gelap mirip guwa…..

  7. kamu pindah2 daerah atau bergaul dengan orang ang beda daerah dah.. pasti kebiasaannya ilang ;D

  8. Kadang2 ciri2 yg bisa bikin Qt spesial tuh gak harus sesuatu yg baik dalam pandangan orang,
    contohx penyanyi terkenal; apakah semua bersuara merdu???
    Mereka cuma punya suara yg khas aja…tul gak???!

  9. tetap belajar mbak..tetap perbaiki diri..Insya Allah cita-citamu akan tercapai

  10. agunk agriza Says:

    wah, kalo ak mbak, alhamdulilah gampang ngucap astaghfirullah🙂
    ntah brp puluh kali dalam sehari saya mngucap lafadz tsb. yah, wlopun tak spnuhnya hati saya ikut beristighfar..

    loh loh loh?
    mbak medok jawa toh kalo ngomong?
    hmm.. saya (lagi2) alhamdulillah ngga medok,
    saya kan pindah2 tuh rumahnya, di jawa, di sunda, di jakarta, di sumatera, jadi ngga medok hhi. tapi kalo ngomong sama orang jawa bisa medok jawa, kalo ngomong ma sunda, bisa medok sunda, dst ..

    syukuri aja lah apa yg kita punya, pasti ada kok yg bisa nrima kkurangan kita itu, tp medok bukan kkurangan deh kyknya😀

  11. itu bisa jadi kelebihan🙂
    eh jadi lagi…

  12. tenang-tenang… saya juga medok, pernah jadi reporter pula, tapi justru dengan medok kalo si lawan bicara jadi ketawa ya dibecandain aja malah tambah akrab gitu loh… trus kalo pengen di tv malah banyak tuh presenter yang amat sangat medok… buktinya ada yang jadi andalan VOA, trus kalo di lokal Jogja TV misalnya, malah yang medok2 yang dicari hehe…

  13. Jadi…..akan selalu ku doakan semua cita cita terbaikmu,sahabatku
    selamat sore salam hangat selalu untuk smeua yang menyayangimu

  14. percaya diri harus dipertinggi🙂

  15. ha….ha….ha….

    km klo ngomong emang gt… gak mecing sama pnampilannya…..

    caranya tuh gampang*bukan gambus* km masuk bem uns aj…..
    orasi. pastin gak medhok lagi ngomong’a

  16. Practice make perfect.
    Tetaplah berlatih nak!
    +apa c yam?+

  17. Medhok,🙂 ng-guyu kepingkel-pingkel (tertawa terbahak2) bukan karena menertawakan sha yang medhok, aku dhewe yo medhok, HIDUP MEDHOK.

    Wah. kalo mo jadi reporter JTV Surabaya langsung diterma nih karena medhoknya🙂

  18. bisa jadi caranya bergaul dengan orang2 yang bahasa indonesianya baik dan benar. Klo emang udah mentok ga bisa ya tenang aja kmu tetap bisa jadi reporter kok tapi di JTV Surabaya aja.. kan klo di situ ga masalah klo medok..🙂

  19. jadi………

    aaaaaaaaaaaaahhhhh…Nisa…nisa… ho’oh2 wujudkan cita2mu yg mulia itu anak muda!

  20. Amieen..
    Semoga kesampain cita2nya jadi jurnais yang budiman, baik, dan sejahtera

    kalo ngilangin medok sih gampang
    ikutan senam lidah aja tiap pagi:mrgreen:

  21. to ALL : Kalo mampir ke Solo aku tunjukin dialekku yang indah sama semua

    to hanggadamai : semedhok ini. . . . . . .

    to Tuyi : emang ada apa dengan orang sunda dan betawi ? kan mereka berdialek juga kang

    to wedeye : masa newsreader TV nasional medhok kang. . . gg mungkin dunz

    to Sonia : Waaaa, ini juga udah kemayu mba .

    to fernandez : Beneran nih mas? Tar pada takjub denger orasi saya gimana coba? Saking gg mutunya ! Hahahaha

    to Hidayat : Hahahahaha. . . . gg nyinggung loh kang😀

    to arul : penginnya sih begono. . . . .

    to yudhi : tapi jadi gg ada tv nasional yang napsu ma saia donk. . . .

    to Alex : amin. . .

    to agunk agriza : iyah adek. . . kamu lebih dewasa dari aku loh . tapi tetep doakan aku bisa sembuh yah. . .🙂

    to edy : jadhi. . . .

    to wku : masa sih? Wah, saia harus banyak belajar dari mas nih. . .

    to bluthunderheart : Ahh, salam hangatmu selalu merasuk di hati kang🙂

    to Elys Welt : Hoooo, bisa ngefek juga ya percaya diri itu ?

    to anto : tukang nggambus generasi keduwa ada disini !

    to ayam Cinta : siap pak ayam ! *eh dasar saia*

    to namakuananda : hidup JTV !

    to deja-vu : JTV lagi de. . .

    to fauzansigma : Wah, master nggambus pertama ada disini juga ! Siap Pak ! Berusaha wujudkan cita2

    to petak : lidahnya diapain kang? Dipelintir-pelintir yah? Hehehe

  22. Jadhi……..

    kwkwkwkwkwk…….

    Hidup Medhokkkkkkkk!!!!!!!!

    Hidup JTV !!

    Hidup Wong Jowo !

  23. ikrarestart Says:

    waduh mbak aku dewe ora iso lho..!!

  24. halah…tinggal latihan doank…kalo gk salah ada deh artis yang dulunya medok sekarang jadi nggak…

    so keep on practicing…SEMANGATT!!!

  25. aku ajari kau dik
    kemarilah🙂

  26. ga usah diilangin..
    orang medhok itu manis koq..🙂
    kemaren ak ke solo koq ga ditunjukin medhoknya??
    hehe..
    salam kenal

  27. Jadi nisa tu medhok taa?
    *sok gak tau gitu*
    Gpp lagi cindt, kan lucu tu kalo ada yang nyari nisa (kan nama pasaran tu..wkwkwk), tinggal tanya aja, nisa yang medhok itu bukan?
    *ngumpet ah, ntar dijitak*
    Kalo ga medhok berarti bukan nisa donk?
    Hidup medhok !!

  28. fantasyforever Says:

    maap medok itu apa? Maklum orang Surabaya.

  29. wah….Sha ternyata Qta satu rasa….ahahaha…aQ jg pengen jd wartwan dgn modal amat sgt pas-pasan…wkwkwkw…ancur bener, ini mah namanya g tau diri..hehe..tp ttp optimis dan mencoba untk percaya pasti bisa…pasti…semangat!!

  30. pede aja lg.

    Bener jg saran yg lain, sering bergaul di luar org jawa kali ya.

    Tapi gpp lah, itu khas en unik berarti.

    Btw, ttg medhoknya, medhok jawa apa bani ngapak-ngapak nih? Di stasiun tipi lokal di jogja, malah ada program acara ‘inyong siaran’ (kl gk salah, CMIIW). Isi acara en presenternya pd ‘ngapak’ semua pokoke.

  31. Coba aja,bersama kita mencari,mencoba dan belajar.Khan dimana ada kemauan disana ada jalan. maju terus Semangat😀 Lam kenal

  32. Cowok Bugil Says:

    sip…

    lam kenal ajah

  33. wah.. sama saia juga jurnalis loh!

    salammkenal ya ^_^

  34. Wah…ngak percaya aQ kalu saia ngomongnya medok….lha kalu nulis itu aQ sering baca postingannya keren² jeh….:-o

    rapopo mbak saia

    medok medok sing penting……
    Apa ya…. bingung mau lanjutin

    Lucu kayaknya…jadi penasaran??????

  35. Walah”, saya kadang” menjumpai “spesies” seperti ini di kampus saya, yang kebanyakan dari daerah..

    Tapi, justru orang” seperti ini lebih cepat dikenal karena kekhasannya,
    Jadi, ya lestarikan saja ke”medhok”an kamu itu..

    *ditendang*

    Saya serius lho…

    *ditempeleng

  36. wahh… saya mesti denger suara kamu nihh kayaknya
    btw, lama-lama ilang koq.. faktor kebiasaan aja dehh

    selamat berusaha yaa…

  37. Hahahahaha GAk Pa2 kan ada TV lokal hehehehehe sapa tau bisa bawain acara wayang hehehehe

    Tapi tenang aja jika terus berusa pasti bisa

    selamat Mencoba

  38. nek orang-orang tua bilang, kerok lidah kita pake ujung sendok jika intan ata mas batangan gak ada, pada waktu malam jumat…he…he… biar medoknya ilang…lang…
    btw, lam kenal ya

  39. Hix, tar kalo pada ke Solo trus ketemu ma saia, jangan ketawa yah pas ngobrol. . . T.T

  40. Medok tu bisa jadi ciri khas sendiri. .

    Jadi gampang diinget. .

    Salam kenal. .

  41. hehehe… aku jadi pengen ngomong sama mbak sha…

    tukeran link ya mbak…

  42. salam kenal saiia…
    wa..ah belum baca nie,,, coz dah sore besok z deuh..
    visit me,,, http://www.panhilmi.wordpress.com

  43. RIEFHID AYATULLOH Says:

    aku cuman sekedar berbagi cerita
    klik disini

    kalau ringan tangan ya
    klik disini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: