Jogja. . . . .

Sudah puluhan kali saya ke Yogya. Tapi baru kemaren akhirnya saya ke keratonnya. Bener2 udik deh gag pernah ke sana. Awalnya sih saya cuma mau main-main saja ke jogja untuk mengganti malam tahun baruan saya yang gagal total *hujan semalaman*. Tapi setelah sampai sana, kenapa gag sekalian saja kan.
Saya berangkat pukul 10.30 dari rumah naik motor. Sempat ditertawakan oleh Bapak saya karena naik motor saat musim hujan begini. Wah,ternyata bener juga. Saya kehujanan di sepanjang perjalanan pulang. Sesampai di jogja, mampir di amplas (Ambarukmo Plasa) untuk makan siang. Niat awal sih makan siang. Tapi saya yang memang dasarnya gila belanja jadi shopping juga deh. Hihihi. . .
Perjalanan dilanjutkan menuju malioboro. Tentu bayak yang tahu tempat ini. Tempat yang sudah sangat terkenal sampai ke mancanegara. Kalo disini, bisa ketemu banyak bule. Hehehe πŸ˜€ Sampai di sana, bejubelan banyak orang. Gag tahan deh ramenya. . . Setelah itu barulah saya memutuskan untuk pergi ke keraton. Dengan motor perjalanan jadi lumayan cepat. Daripada jalan kan. Nah, di jalan itu kami sedikit bingung. Ada jalan yang ditutup oleh polisi, padahal gag ada apa-apa disana. Padahal kami cuma tahu jalan itu untuk sampai ke jalan malioboro. Harus tanya deh ke pasutri sewaktu berhenti di lampu merah. Alhamdulillah orangnya baik banget. Mereka menjelaskanΒ  sekaligus menunjukkan arahnya biar kita gag nyasar. Untungnya sesampai di keraton, hujan baru turun.
Untuk masuk ke area keraton, kita harus membayar tiket sebesar 3000 rupiah. Murah kan. Kita juga bisa menyewa jasa guide. Tapi saya gag tahu berapa biayanya karena saya sendiri gag memakai jasa mereka. Sayang sekali kami kesana sore. Padahal pagi harinya ada acara mencuci kereta yang diadakan satu tahun sekali. Acara ini diadakan pada hari selasa kliwon atau jumat kliwon. Tergantung mana hari yang lebih dulu pada bulan Suro. Pada acara pencucian ini masyarakat berkumpul untuk mengumpulkan air bekas pencucian tersebut. Masyarakat berebutan melakukannya. Ahh, sayang sekali saya gag bisa menyaksikannya. Saya juga ketinggalan untuk memasuki suatu area di dalam keraton. Kalau gag salah sih tempat tinggal. Pintu yang biasanya dibuka, saat itu sudah tertutup. Tak apalah. Mungkin lain kali ada kesempatan lain. Yang bisa saya lihat disana adalah foto-foto kereta kerajaan dan manekin-manekin yang menggambarkan acara kerajaan.

kereta kerajaan

refleksi

Setelah itu, keluar dari area keraton, ada seorang bapak yang menawari saya untuk berwisata dengan becaknya. Hanya 5000 rupiah. Karena agak kecewa dan kurang puas dengan kunjungan keraton, saya mau juga. Tempat pertama adalah kediaman raja atau Hamengkubuwono X beserta keluarga dan adiknya. Saya sempet kaget juga rumah pribadi seorang raja bisa digunakan sebagai tempat wisata. Di sana saya juga baru tahu kalau calon raja yang akan menggantikan raja yang sekarang adalah anak dari adik Hamengkubono X. Ini dikarenakan anak raja yang sekarang adalah putri semua, sehingga tidak ada ahli waris.

berasa keluarga raja

di kamar

Yang lebih mengagetkan adalah tiket masuk seharga 20000 rupiah. Padahal kata si bapak becak harganya 10000. Yah, mungkin ini karena hari libur ya. Di kediaman tersebut juga ada restoran loh. Tapi saya gg selera makan disana. Takut kemahalan. Hihihi. Setelah itu menuju ke tempat penjualan kaos dagadu. 1 kaos dipatok harga 35000 rupiah. Karena hujan, saya memutuskan untuk langsung kembali saja. Seharusnya sih saya bisa ke tempat pembuatan bakpia. Tapi karena hujan dan lagipula saya sudahpernah kesana, jadi ya kembali saja ke parkiran. Biarpun hujan deras, saya nekat pulang. Lagipula sudah tidak ada ide akan kemana lagi. Mungkin lain kali bisa lebih lama ada di jogja saat liburan dan tidak ada hujan πŸ™‚

*thanks to d.i.a yang mau nganterin saya kemana-mana. Saya kan gag tahu jalan* πŸ™‚

**maaf potonya banyak yang ngeblur. Ini dikarenakan kemampuan yang moto yang masih bego, dan hape yang seadanya. Laen kali kalo pakai self-timer harus lebih pinter lagi. Hehehe**

33 Tanggapan to “Jogja. . . . .”

  1. jangan lupa mampir ke stasiun tugu. di situ ada gudeg enak banget. langganan saya kalo ke bandung, tiap jam 12 malam sampe jogja situ, turun bentar beli gudeg…

  2. wisata becak 5000 rupiah? murah banget….

  3. selama ini ke Yogya cuman ke mall2nya, hehehe…:p Tapi pernah lho ke keratonnya…duluuuuuuuu…..pas masih kecil

  4. Saya aja yang sudah bertahun-tahun tinggal di Jogja, belum pernah sekalipun masuk ke keraton… hihihi, ketahuan katro nya nih πŸ˜€

    Baca tulisan ini, jadi tertarik juga nih buat sekali-sekali mampir ke keraton. Thanks banget!

  5. lha wong ke kraton solo aja jarang, apalagi ke kraton yogya. he2. sy lbh suka keluyuran di malioboro, alun2, dll.

  6. Saya lagi di Jogja ho sekarang jeng…hehehe, trus ngopo….???

  7. Oh jadi jalan sama d.i.a tho? Pantes gak butuh bantuan si Anto, padahal dia bisa jadi guide yang dapat diandalkan πŸ˜›

  8. salam kenal ajah, kunjungan pertama

  9. ituh, potonya rada ngeblurr, aku malah sama sekali ga pernah, hehe

  10. Sy selalu menyempatkan berkunjung ke tempat-tempat bersejarah di kota manapun. Memang masih banyak orang yang tidak suka akan sejarah karena telah diporakporandakan keasliannya… sayang.
    Padahal, sejarah itulah yang bercerita asal usul bangsa ni.

    Harga tiket 20.000 adalah lumrah (target BreakEventPoint) dan pengunjungpun masih relatif rendah. Di kasih murah, pengunjungpun tetap rendah, sedangkan biaya rawat meningkat.
    Memberi lebih tidak ada ruginya untuk sebuah budaya bangsa.
    salam

  11. liburan kemarin aku juga kesana loh..
    tapi gak ke keraton…
    salam kenal
    nice 2 meet u

  12. kalau sendirian, pasti gak jadi masuk ruangan itu. berhubung jaim karena ada d-i-a, ya terpaksa bayar, deh… :p

    maap..maap, cuma guyon dan cengengesan

  13. jogja….jogja…. terakhir kesana ke pantai siung, hikikiki….
    nice trip with d.i.a yaph πŸ˜€

  14. sahabatku……………..
    pa cabar?
    met tahun baru ya.
    aku jadi ingin ke yogya saat baca postinanmu sahabatu
    salam hangat selalu

  15. seperti dalam salah satu iklan di tv….jogja…..jogja…(dengan senyum lebar, lebih dari senyum tiga jari)…………….

  16. weh..
    seneng ke jogja…
    kok nggak mampir kerumah saya..
    he3x…

  17. SAHABAT ………….SLAMAT SORE!
    POSTINGANMU AKU PAKAI BOLEHKAN
    SALAM HANGAT SELALU

  18. Jogja..??
    di mana yak..??
    ada yak tempet kaya gitu..??
    baru tau ane… :mrgreen:

    cen endonesa ki andalaaannn….!!!!

  19. ke jogja ??

    kayanya gw pernnah tuh

  20. fauzansigma Says:

    ehmm….

  21. Ah.. qmu anak mana sih… pasti belum ke kraton solo kan…

  22. ih.. ke jogja gak ngajak-ngajak ih :mrgreen:

  23. to det : Wah, kalo ke stasiun tugu uda sering banget. . . Ada gudeg langganan juga di sana

    to ala : Iya, murah banget kan. Mana bapaknya ramah banget pula

    to afie : Masih inget gg pak? Hehehe

    to Triyan : bagus deh kalo uda pengin ke sana. . . πŸ˜€

    to haris : Tapi kalo ke situ2 aja lama2 kan bosen juga Kang. . .

    to Tukang Nggunem : Hla kok kemaren gg calling2 ? Hehehe

    to Dony Alfan : Wah, nanti kalo minta di guide-in ma Anto bayar jasa no. Hehehe

    to unting : salam kenal juga. . . ditunggu kunjungan2 seterusnya. Makasih uda berkunjung ke blog saya. . . “)

    to Raffael : Iya nih, yang moto bego *saya*. Kapan2 ke sana deh. . .

    to cenya95 : Makasih infonya. . . Ternyata segitu masih lumrah ya. Mungkin saya aja yang ndak punya duit. Hehehe

    to kw : nice to meet u too. . .

    to blonty : Wah, dibayari e Pak. Hehehe πŸ˜€

    to bias : Pantai Siung mana tuh? Bagian mananya Jogja ?

    to dobleh yang malang : Kabar baik. . . Kapan2 ketemu di Jogja yah

    to junjungpurba : Ditunggu seterusnya. . . ^^

    to nurrahman : Mungkin kaya gitu ya muka saya waktu itu πŸ˜€

    to annosmile : Rumahnya mana Kang? Kalo mampir disuguh apa ni? Hehe

    to bluethunderheart : Boleh. . .

    to iniDanoe : nyaaat………….

    to rocknoida : Kesana lagi donk. . .

    to fauzansigma : Lama gg kelihatan Pak. . .

    to muftialy : Sudah donk. . . Kan aku orang Solo

    to antobilang : Ngajaknya begitu sampe disana no ya. Hehehe πŸ˜€

  24. to sHa : wonosari ngidul bablas, pengen ngerti luweh okeh? tunggu postinganku sing anyar ya, rung sempet oll kompi πŸ˜€

  25. Salam Kenal mb….

    kEbetulan saya tahun br kMrn jg mNghabiskan Uang n wAktu d’Jogja….
    n tu kali pertama saya pErgi kSna….Y krna saYa asLi jawa yang meKar di Kalimantan…. saya menGhabiskan liBur saya keLiling kerUmah mbah n sOdara yang d”jawa. KebeTulan jg q pNya bUdhe d’Solo n mLam tAun br yng beRtabur hujan tu aq lg beRada d’Solo…. tp sayang,,,q cm k’Malioboro z, coz bRagkat dr Solo dah kSiangan. pDhal q pLng hObi trAveling,,,,,

  26. seumur-umur belum pernah ke kraton jogja… berarti aq lebih udik ni… πŸ˜€

  27. Benedict Agung Widyatmoko Says:

    Hmm … Jogja memang indah dan menawan ya …
    Lha iya, lha wong saya orang Jogja .. makanya saya bilang indah dan menawan hehehe

    Salam hangat
    Ben

  28. kapan-lapan kalo kejogja ke pantai siung mbak..hehehe..dijamin ajiiiiiib..djamin pula betah seharian di sana…bis pasir putihnya nggak nahanin…:p
    Lam Kenal iap…Nice bLog..^.^

  29. brooer….

    di Pantai Depok ngak kalah menarik, disana ada pasar ikan
    buat yg suka Seafood diharuskan maen kesini gan

  30. weeeeeeeee…. keren banget ternyata tamasyane…. toossss

  31. Love Jogja n U….

  32. saya kemarin ke jogja tp blm sempet ke keraton 😦 next time deh

Tinggalkan komentar